Selasa, 27 Januari 2009

Magang Yang bermanfaat


Sebelum mengikuti proses magang, sebaiknya Anda selalu menentukan target: apa yang ingin Anda ketahui atau kuasai, pengalaman apa saja yang bisa Anda peroleh, berapa lama Anda akan mengikuti magang, dan lain-lain. Jika Anda berkesempatan memilih tempat magang, pertimbangkan dengan baik agar Anda memperoleh manfaat yang optimal dari proses tersebut. Bicarakan detil pekerjaan dengan supervisor Anda dan kemukakan hal-hal apa saja yang ingin Anda peroleh.


Berikut adalah sikap yang patut Anda pertimbangkan selama mengikuti magang:

1. Ingat, Anda lah yang membutuhkan magang, bukan perusahaan tempat Anda magang. Oleh karena itu, pergunakan kesempatan yang diberikan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab lah terhadap tugas-tugas yang diberikan. Jangan sekali-kali Anda menganggap bahwa tanggung jawab Anda lebih rendah daripada karyawan lainnya.


2. Berinisiatif.

Jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari Anda. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal yang masih baru bagi Anda.

3. Membangun jaringan.

Kesempatan magang juga dapat Anda pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu Anda. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang.


4. Temukan polanya.

Apa yang Anda lakukan selama magang mungkin hanya secuil dari keseluruhan dinamika perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas dengan hal tersebut, tetapi berusahalah untuk memperoleh “gambaran besar”-nya. Kenali bisnisnya dan budaya perusahaan tersebut.


1 komentar:

mbah jiwo mengatakan...

blog ini punya bakat jadi blog bagus...di update donk